Manfaat Cranberry Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih

Buah Cranberry untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih. Mengingat nama buah cranberry ini..saya jadi ingat nama sebuah band asal Irlandia yang vokalisnya cewek berambut cepak. Heheh generasi 90 an pasti gak asing lah ya…dengan kelompok ini. Iyes…The Cranberries. Hampir semua lagunya saya suka. Musik-musiknya itu sesegar buah aslinya..cranberry. Saya gak tahu persis latar belakang si Dolores atau pendahulunya memilih Cranberry sebagai nama bandnya. Apakah karena mereka suka buah ini?apa karena buah ini memang rasanya yang segar?atau ada alasan lain…?

Whatever…yang pasti buah cranberry ternyata emang banyak banget manfaatnya buat kesehatan. Cranberry atau nama latinnya Vaccinuim oxycoccos adalah jenis tanaman semak belukar pendek yang tumbuh liar di wilayah sub tropis, tepatnya di bagian utara Amerika dan Kanada. Buah cranberry yang sudah tua berwarna merah tua dan rasanya asam segar. Kalau jaman dulu sih…orang-orang memanfaatkan buah ini untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Karena sudah diketahui bahwa buah ini mengandung berbagi vitamin, terutam vitamin C, flavonoid, serat, mineral, sianidin, peonidin, quercetin, dan senyawa fitokimia yang menjadi sumber antioksidan polifenol. Umumnya cranberry dikonsumsi dalam bentuk jus.

Nah kalo sekarang gemana? Jaman kan udah semakin maju..buah asalnya dari mana..bisa dikonsumsi dimana…Penelitian juga udah banyak dilakukan Yup..buah cranberry sudah bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan, mulai selai, manisan, pancake, pie, granita, atau campuran oatmeal. Meskipun yang paling baik tentu yang masih segar karena vitamin dan kandungan gizi lainnya masih utuh.

Salah satu yang mudah untuk dikonsumsi adalah ekstrak cranberry dalam bentuk kapsul atau bentuk serbuk yang mudah diseduh dengan air.  Seperti pada produk Uri-cran. Segala manfaat cranberry dengan mudah dirasakan dengan mengkonsumsi produk Uri-cran ini. Sudah tahu kan ekstrak cranberry di Uri-cran fungsinya buat apa?

Bener banget! ekstrak cranberry sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi infeksi saluran kemih yang salah satu gejalanya adalah anyang-anyangan. Bahkan pada bulan April tahun 2004 AFSSA (lembaga pengawasan obat dan makanan Prancis) mengijinkan pemakaian jus cranberry sebagai anti bakteri khususnya untuk kesehatan saluran kemih. Berdasarkan beberapa uji klinis juga sudah terbukti jus cranberry bisa menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih.

Ini karena cranberry mengandung antioksidan proanthocyanidins. Antioksidan ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Selain itu proanthosyanidins sifatnya anti adhesi, jadi bisa mencegah menempelnya bakteri penyebab infeksi di dinding saluran kemih.

Untuk mendapatkan manfaat cranberry pada Uri-cran, konsumsilah 1-2 kapsul sehari atau 1-2 sachet per hari.  Setiap kapsulnya mengandung 250 mg ekstrak cranberry, sedangkan pada kemasan sacet terdapat 375 mg ekstrak cranberry. Jangan lupa juga memperhatikan hal penting lainnya agar terhindar dari infeksi saluran kemih, seperti menjaga kebersihan (terutama pakaian dalam dan saluran kemih), bersihkan dengan benar setelah BAB (dari arah depan ke belakang), minum air putih yang cukup, mengurangi minuman yang berefek diuretik, menjalankan pola hidup sehat.

Semoga artikel Manfaat Cranberry Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih ini bermanfaat ya…

Salam Sehat!

You may also like

7 Comments

  1. Perkara istinja aja kudu banget bener prosedurnya ya, Mba. Kalo ga, bisa bikin bakteri mampir dan jadi infeksi saluran kita. Hidup sehat kudu telaten juga ya.

  2. Aku nggak tau band itu, Mba. Kayaknya karena aku terlalu ndeso, hahaha.
    Anyang-anyangan itu menyiksa banget ya, syukurlah sekarang sudah ada obatnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *