Ketupat Unik di Tradisi Lebaran Ketupat

Lebaran Ketupat

Seminggu usai 1 Syawal ternyata masih ada peringatan Lebaran Ketupat ya..beberapa daerah mempunyai tradisi yang berbeda-beda menyambut lebaran ketupat. Seperti di Sumenep Madura tempat saya tinggal. Lebaran Ketupat dirayakan dengan meriah dan penuh kegembiraan, lebih meriah daripada lebaran 1 Syawal. Tempat-tempat wisata juga menggelar berbagai hiburan khusus menyambut lebaran ketupat atau orang Madura menyebutnya Tellasan Topa’.

Hampir di semua wilayah Madura mempunyai tradisi perayaan tellasan topa’ ini. Jadi dipastikan semua tempat wisata ramai dikunjungi warga. Seperti Pantai Lombang Sumenep, Pantai Talang Siring Pamekasan, Pantai Camplong Sampang, dan tempat wisata lainnya. Kalo udah begitu jalanan di sekitar lokasi wisata udah jelas yaa..macetnya kayak apa 😀

Tellasan topa’ sendiri adalah peringatan atau perayaan bagi orang yang menjalankan puasa syawal selama 6 hari yang dimulai tanggal 2 Syawal. Tapi perayaan juga diikuti orang-orang yang tidak berpuasa syawal.

Sesuai dengan namanya..lebaran ini tidak lepas dari keberadaan ketupat. Ada yang berbeda dan istimewa dengan ketupatnya. Saat Tellasan Topa’ bentuk ketupatnya gak kayak biasanya di hari lebaran 1 Syawal. Biasanya kan segi empat gitu aja..nah kalo tellasan topa’ ketupat yang dijual bentuknya macam-macam dan unik banget. Ini dia ketupat unik yang umum dijual di Sumenep-Madura saat Tellasan Topa’.

Topa’Toju’

Ketupat ini bentuknya mirip seperti ketupat biasa..Bedanya adalah ketupatnya bisa didudukkan. Itulah kenapa namanya topa’toju’ (ketupat duduk)

Lebaran Ketupat
Topa’ Toju’

Topak Masjid

Nah kalo ini udah jelas ya…sesuai dengan namanya…bentuknya emang seperti masjid. Ukurannya juga macem-macem dan bentuknya juga beda-beda.

Lebaran Ketupat
Topa’ Masjid

Topa’ Juko’

Nah..kalo yang ini juga sesuai dengan bentuknya…juko’ yaitu ikan.  Ketupat bentuk ikan ini lebih tipis dari bentuk-bentuk lainnya.

Lebaran Ketupat
Topa’Juko’

Topa’ Mano’

Ketupat yang ini bentuknya seperti burung (mano’). Ukurannya juga dibuat beda-beda.

Lebaran ketupat
Topa’ Mano’

Topa’ Salamet

Nah kalo yang ini kayaknya ketupat paling kecil yang pernah saya liat deh..heheh karena ukurannya mini banget. Namanya topa’ salamet..alias..ketupat selamat.

Lebaran Ketupat
Topa’ Salamet yang imut

Topa’ Bhabang

Topa’Bhabang artinya ketupat bawang. Ketupatnya lebih besar daripada topa’ salamet, cenderung bulat kayak bawang.

Lebaran Ketupat
Topa’ Bhabang

Selain bentuk..harga tentu juga berbeda. Kalo ketupat biasa perbijinya tak sampai 1000 rupiah..ketupat dengan bentuk unik ini dijual lebih mahal, bisa sampai 3000 per biji. Tapi alhamdulillah..saya nawar bisa 10.000 isi 6…entah masih tergolong mahal apa nggak 😀

Untuk pengolahannya sih sama aja kayak ketupat biasa…Tinggal diisi beras yang sudah dicuci bersih. Agar ketupatnya lembut gak keras..isilah ketupat sekitar ¾ bagian saja. Lalu rebus selama 4-5 jam. Setelah matang, tiriskan dan diangin-angin dengan cara digantung. Masakan yang diolah untuk sajian dengan ketupat juga macam-macam..tergantung selera masing-masing. Yang pasti bukan opor dan sambal goreng hati lagi ya.. 🙂

Selamat merayakan Lebaran Ketupat. Mau share tradisi lebaran ketupat di daerahmu?silahkan komen di bawah 🙂

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *