Tetap Sehat Saat Harus Sering Begadang

 

Pernahkah menyelesaikan pekerjaan menulis diatas jam 10 malam sampai lewat tengah malam?hehehe pernah dan sering ya pastinya. Terutama kalo lagi ada lomba yang tenggat waktu submitnya jam 23.59 kan ya..hehe. Atau ya kalo ada pekerjaan reguler, tapi karena kesibukan kita..akhirnya baru bisa mengerjakan saat anak-anak sudah tidur. Tapi tentu saja lembur atau begadang mengejar dateline seperti itu bukan berarti kita trus bisa bangun siang sehilangnya kantuk. Apalagi buat yang masih punya pasukan krucil. Bangun pagi mutlak harus dilakukan karena setidanya harus menyiapkan keperluan anak-anak. Buat yang kerja..ya siap-siap kerja juga. Terbiasa begadang mengakibatkan jam tidur berkurang. Dari yang idealnya 7-8 jam, jadi 5 jam atau kurang.

Begadang seperti itu bisa berdampak negatif loh sebenarnya, baik secara fisik maupun psikologis. Secara fisik kalau kita sering begadang biasanya kulit wajah kelihatan pucat, ada juga yang muncul kantung mata diikuti dengan warna menghitam yang sangat menggangu. Selain itu seharian bisa diserang kantuk , sulit berkonsentrasi, dan kepala terasa nggeliyeng atau pusing juga. Secara psikologis, kurang tidur bisa menyebabkan perasaan gelisah, sensitif, dan stress.

Kebiasaan begadang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan serius yang sebenarnya berawal dari menurunnya sistem imun. Setidaknyaย  badan jadi mudah terserang flu, batuk, atau gangguan pencernaan. Karena saat tidur kan tubuh beristirahat dan menjalankan fungsi mengganti sel-sel yang rusak, mengeluarkan hormon anti stress, menyaring racun-racun dalam tubuh. Bila proses tersebut tidak berjalan dengan baik dalam jangka waktu yang panjang, tubuh beresiko mengalami hipertensi, anemia, insomnia, obesitas, diabetes, gangguan jantung, dll. Ngeri juga ya…. ๐Ÿ˜€

Wah…gemana donk ya..yang udah terlanjur punya kebiasaan begadang kayak saya? Gak boleh sakit juga kan ya…? ๐Ÿ˜€ Hmmm… Alhamdulillah sih sampai sekarang meski sering begadang jarang sakit. Ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh ala saya untuk yang sering begadang, yaitu :

  • Banyak minum air putih
  • Olah raga ringan yang teratur, gak perlu berat-berat sih…cukup jalan kaki 30 menit setiap hari atau sukur-sukur ada olahraga rutin seperti senam aerobic, bersepeda, dan sejenisnya.
  • Banyak makan sayur dan buah segar, apalagi misalnya kalo begadang tiba-tiba laper…baiknya sih ngemilnya buah aja ya… ๐Ÿ˜€ Tapi kalo saya sih membiarkan perut kelaperan aja..heheh. Buah dan sayur tetap saya makan diluar jam begadang.
  • Minum suplemen kesehatan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk suplemen kesehatan, saya sukanya yang terbuat dari ramuan tradisional yang mudah didapat di lingkungan sekitar. Contohnya Meniran (Phyllanthus niruri), yang bisa direbus dan airnya diminum. Kalo pas nggak ada Menirannya gemana? Alhamdulillah ada Stimuno Forte yang terbuat dari meniran. Stimuno yang mengandung ekstrak tanaman tersebut sudah teruji klinis dapat meningkatkan dan menjaga imunitas atau kekebalan tubuh. Selain itu juga ampuh untuk mengatasi peradangan , mengatasi resiko infeksi bakteri-virus-dan mikroba yang merugikan tubuh, dan aman dikonsumsi diabetesi.

Karena Stimuno berfungsi sebagai imunomodulator , yaitu mebuat sistem imun tubuh lebih aktif menjalankan fungsinya. Stimuno juga berfungsi sebagai imuno stimulator yang menguatkan sistem imun tubuh, dan imuno supresan yang membuat sistem kekebalan tubuh tetap di level optimal dala menjaga tubuh dari serangan virus, mikroba, dan bakteri pengganggu. Informasi tentang manfaat minum Stimuno ini banyak juga loh..di http://www.serbaherba.com/daya-tahan

Nah..dengan minum Stimuno setiap hari dan menjalankan tips menjaga kesehatan tubuh lainnya yang sudah saya sebutkan tadi, insyaallah ya… kita #Sehat365Hari ๐Ÿ˜€ Pekerjaan lancar..rejeki lancar..

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *