Pesona Pantai Sembilan Giligenting

Pantai Sembilan Giligenting

Satu lagi nih pantai keren yang bisa dijadikan obyek wisata di Sumenep Madura,ย namanya Pantai Sembilan di Pulau Giligenting. Disebut Pantai Sembilan karena memang pantainya berbentuk angka 9 kalo dilihat dari udara. Cerukan berisi airnya terbentuk secara alami loh..

Pantai Sembilan Giligenting
Pantai Sembilan Tampak Atas (sumber : spotourism.id)

Untuk menuju ke Pantai Sembilan ini wisatawan harus menyebrang dari pelabuhan Tanjung kecamatan Saronggi ke Pulau Giligenting. Wisatawan bisa memakai perahu reguler yang biasa digunakan warga dengan biaya 20.000 PP. Kalo bawa motor bayar 10.000 untuk motornya dan 2 ribu untuk biaya bongkar muat.ย Atau mau badan aja…motor atau mobil bisa diparkir diย rumah warga di sekitar pelabuhan Tanjung.

Pantai Sembilan Giligenting
Pelabuhan Tanjung Kecamatan Saronggi Sumenep

Perjalanan laut ke Giligenting hanya sekitar 30 menit dan sepanjang perjalanan kita bisa melihat gugusan kepulauan yang mengelilingi Sumenep, seperti Pulau Talango dan Pulau Gili Raja. Gili Labak keliatan nggak? ๐Ÿ˜Š Hihi..nggak lah..kan jauh. Sekitar 2 jam perjalanan. Dan memang kita bisa ke Gili Labak dari pelabuhan Tanjung.

Perahu yang digunakan untuk menuju ke Giligenting termasuk besar juga sih kalo menurut saya. Perahunya dilengkapi dengan layar yang dikembangkan. Wahh serasa numpang perahunya Moana deh..

Ombak lumayan besar saat saya melakukan perjalanan ini, dari kanan..dari depan..arusnya juga cukup kuat. Jadi ayunan perahu terasa kenceng juga. ๐Ÿ˜ Kalo penumpangnya warga Giligenting sih nyantai aja meski ombaknya bikin perahu miring-miring. Yang wisatawan aja yang jejeritan ๐Ÿ˜Š

Saya sendiri takut ombak nggak? Yaaaa takut juga sih sebenarnya..karena kalo ada apa-apa..saya gak bisa renang dan karena gak pake jasa trip organizer ya gak ada pelampung ๐Ÿ˜ Tapi karena pulau yang dituju itu udah nampak di depan mata sejak dari pelabuhan..ya saya sih tenang aja. Berlagak tenang mungkin tepatnya…haha.

Pantai Sembilan Giligenting
Pelabuhan Bringsang Giligenting

Alhamdulillah akhirnya sampai di pelabuhan desa Bringsang Giligenting. Pantai Sembilan sebenarnya hanya sekitar 100 m aja dari pelabuhan. Jadi tinggal jalan kaki sebentaran..udah..nyampe. Tapi kalo mau naik angkutan ada sih.. transportasi untuk wisatawan. Biasanya standby di area pelabuhan.

Saya naik angkutan itu ke pantai. Dan emang deket banget ๐Ÿ˜ Jalan kaki paling 10 menit..kalo mau lari juga boleh..๐Ÿ˜

Dan gemana kesan saya tentang Pantai Sembilan Giligentingย ini? Waawww..keren!! Pantainya gak terlalu luas, berpasir putih bersih. Ada tiket masuk untuk wisatawan 5000 rupiah yaaa..kalo warga lokal cuma 2000.

Pantai Sembilan Giligenting
Ini Lohh Pantai Sembilan..

 

 

 

Sebagai pantai yang baru dibuka untuk wisata..pantai ini termasuk yang cepat sekali berbenahnya. Hmmm..rupanya ada kepala desa Bringsang yang berperan memfasilitasi berbagai keperluan untuk wisata di Pantai Sembilan. Pantai ini baru setahun lah dikenal masyarakat luas. Dan fasilitasnya lo..udah lengkap dan bersih. Gazebo, toilet, warung, berbagai sarana buat foto-foto..sudah ada dan tertata rapi. Eh iyaaa ada cottage nya juga lo.. Ada 2ย  yang bisa buat rame-rame. 1 cottage seharga 200.000/malam cukup buat 10 orang. Dan menurut kades Bringsang, semua fasilitas itu dibiayai dari kantong pribadi..

Pantai Sembilan Giligenting
Sarana Toilet di Pantai Sembilan

Selama di Pantai Sembilan Giligenting saya memang sempat ngobrol dengan kadesnya. Gak jarang Kades yang sudah menjabat selama 3 periode ini menyapa pengunjung dan memotret mereka lalu dishare di akun IG nya.. @Kades_Bringsang ย Mantepp dahh pak!

Sebenarnya di pantai sembilan ini ada spot snorkling yang bisa dijajal. Tapi karena cuaca dan arus laut yang tidak mendukung saya gak nyobain. Nanti lah insyaallah kapan-kapan saya coba ๐Ÿ˜Š Begitu juga lokasi wisata lainnya di Giligenting ini dan juga kuliner khasnya yang belum sempat saya coba karena udah kesorean. Nah untuk kuliner khas ini saya usulkan biar disediakan di sekitar pantai sekalian hehehe..

Tadinya saya dan teman-teman Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) mau bersunset ria di Pantai Sembilan. Tapi karena udah keliatan bakal ketutup mendung..kami pun bergegas pulang. Pulangnya jalan kaki aja susur pantai sampai pelabuhan Bringsang. Alhamdulillah..meski masih diayun-ayun ombak..saya dan teman-teman sampai di pelabuhan Tanjung dengan selamat ๐Ÿ˜Š

Ayoo kapan kamu main ke Pantai Sembilan Giligenting ini ? ๐Ÿ™‚

 

 

You may also like

10 Comments

  1. Hari raya kemarin, bulekku nyebrang ke Gili Labak ya? Lupa namanya, katanya perjalanannya jauuuhhh bgt. Trus dia pamer-pamer coba, katanya pantai-pantai dan lautnya, pemandangannya bagus. Hiks, aku irih. Dab lewat artikel ini, bener banget ternyata ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *