Pentol Gepek, Kuliner Unik di Pesisir Timur Madura

Membaca nama pentol gepek jadinya mirip-mirip pisang epek kuliner hits Makassar ya..Lokasinya juga ada kesamaan sih, sama-sama pesisir 😊 Tapi makananya jelas banget berbeda. Kalo pisang epek kan bahannya pisang dibakar dengan tambahan saus gula merah. Nah kalo pentol gepek ini gemana?

Pentol gepek ini salah satu yang hits di kabupaten Sumenep. Asalnya dari pesisir utara Sumenep, kecamatan Ambunten, sekitar 30 menit dari kecamatan kota Sumenep. Meski di wilayah kecamatan kota ada yang menjual makanan ini, tapi yang maknyus pastilah yang dari tempat asalnya.

Pentol gepek yang baru mulai ngehits sekitar tahun 2015 awalnya memang berbentuk pentol bakso yang bahannya ikan tongkol. Ikan tongkol adalah salah satu hasil tangkapan yang paling umum di kalangan nelayan di wilayah ini. Dinamakan gepek, karena bakso ikan yang kenyal itu dipress atau dipenyet dengan alat yang dipanaskan bersamaan dengan tahu bakso. Keduanya dipenyet  sampai  berubah bentuk jadi lembaran tipis.

Ini Loh…Pentol Gepek 🙂

 

Proses Pembuatannya

Pentol gepek yang berupa lembaran hangat siap disantap dengan sambal khusus. Sambalnya kental karena terbuat dari kanji dengan bumbu cabe, bawang merah, bawang putih,  daun bawang merah, dan petis ikan.

Daann karena kuliner ini berupa lembaran-lembaran tipis yang gurih dan rasa ikan berpadu dengan rasa tahu..makan 5 lembar 10 lembar bisa gak berasa loh..Apalagi kalo lagi laper..😂  Harga selembarnya 1000 rupiah. Jadi yaaaa…siapkan lah 50.000an kalo jajan bareng teman karena gak terasa tau-tau habisnya banyak 😁

Dimana bisa mendapatkan kuliner ini?Tempat aslinya di pesisir desa Ambunten Timur kecamatan Ambunten kabupaten Sumenep. Saya sih seringnya beli yang di belakang sebuah bank milik pemerintah. Warungnya kecil dan sangat sederhana. Cukup buat duduk-duduk aja…tanpa meja.

Di kawasan ini banyak tersebar warung-warung penjual pentol gepek, tapi saya cocoknya sama 2 tempat. Yang bikin cocok apanya? Rasanya sih ya yang pasti.. Meski rasa ikannya kuat banget tapi gak ada aroma amis yang tertinggal. Begitu pun dengan sambalnya yang terbuat dari petis. Jadi yaa…maunya nambah lagi…nambah lagi….😂 (laper apa doyan woii).

Warung Pertama, bisa melipir ke belakang..foto-foto perahu nelayan parkir

 

Warung Kedua, sederhana banget..tapi rasa Pentol Gepeknya mantap!

 

Oya..kalo jajan pentol gepek kudu sabar juga..karena umumnya antri.. Jarang sekali orang yang datang dan beli 1000-2000 😊 Apalagi kalo pesan untuk dibawa pulang atau take away .. Tapi pernah sih hari Jumat siang gitu saya jalan sama temen beli pentol gepek ..ternyata sepi. Ehh memang sepinya kalo hari Jumat kata penjualnya 😊

Eh tapi meski nunggu antri..sebenernya bisa juga sambil cuci mata. Karena suasana di jalanan desa tempat penjual pentol gepek itu unik kalo menurut saya. Banyak bangunan tua yang bisa dijpretin..ke pantai juga bisa karena hanya berjarak sekitar 50 meter saja. Mau liat-liat perahu yang parkir di sepanjang sungai di belakang warung juga boleh banget. Asik lah pokoknya 😊

Saya mengabadikan beberapa gambar saat kulineran ini dengan smartphone ASUS. Sebelumnya saya sering lihat hasil foto teman-teman blogger yang pakai ASUS. Euleuhhhh itu bikin ngiler yak. Kenapa gituh hasilnya bisa pada kinclong?

Rupanya kunci hasil gambar kinclong itu ada di teknologi PixelMaster Camera yang ada di ASUS Zenfone. Itu gabungan software, hardware dengan gabungan 5 elemen lensa optik..Widihh pantes ya..hasilnya kinclong pake banget. Dengan PixelMaster gambar jadi bebas blur karena teknologinya mengintergrasikan teknologi stabilisasi gambar dan mengurangi goyangan..Settingannya menghasilkan kualitas gambar oke dengan berbagai situasi yang bisanya bikin gagal foto cakep. Misalnya ketika low light.. Dengan setting mode low light pixel master, kepekaan cahanya bisa sampe 400% !!! Jadi meski gelap ya masih bisa dapet gambarnya, dengan noise yang minim dan kontras warnanya bisa sampe 200% loh..

Kelebihan lainnya dengan teknologi PixelMaster, adalah mode Time Rewind yang bisa ambil foto 2 detik sebelum dan 1 detik sesudah menekan tombol kamera. Berbagai efek dari PixelMaster ini juga bikin kita gak pengen dah pake kamera digital yang berat dan rempong hehehe. Karena dengan satu smartphone saja kita bisa pake berbagai mode sesuai keinginan dengan hasil sekelas kamera digital..Ada efek depth of field yang bikin obyek dekat keliatan jelas sementara latar belakangnya  buram..alias bokeh. 😀  Clear zoom nya bisa nangkep gambar jauh dengan hasil tetap jelas.. Ada efek Smart Remove..yang bisa menghilangkan gambar yang tidak diinginkan dalam foto kita..misalnya penampakan *ehhh 😀 Ada Efek Built-In….sampai bikin GIF pun ada.

Jadiiiiii…pastikan acara kulineran dan jalan-jalan ditemani ASUS Zenfone yaaa biar momentnya tersimpan dengan baik…dan gak ada lagi moment gak tercapture gara-gara low light atau pun low bat 😀

 

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel

You may also like

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *