Pilihan Transportasi ke Madura

Transportasi ke Madura

Bagi yang sering ke Madura khususnya Sumenep..menentukan pilihan transportasi ke Madura mungkin bukan lagi menjadi masalah. Tinggal pilih..dan sudah hapal mana yang paling pas. Kalau belum pernah..atau jarang..umumnya masih bingung. Hehe..ya maklum sih..karena jauh dan memang gak banyak pilihan. Harus ngepasin dengan jadwal transportasi lainnya.

Sejak ada jembatan Suramadu, transportasi ke Madura memang lebih mudah. Gak ada lagi ceritanya harus ganti moda transportasi gara-gara antrian panjang penyebrangan.

Berikut ini pilihan transportasi untuk menuju ke Madura, khususnya Sumenep :

BIS

Transportasi umum bis baik ekonomi atau PATAS bisa digunakan 24 jam dari teminal Purabaya Sidoarjo. Kalo kita bepergian dengan pesawat, ya dari Juanda naik bis Damri dulu ke terminal Purabaya (20.000 atau 25.000 an). Begitu juga kalau naik kereta..maka dari stasiun Pasar Turi atau Gubeng atau stasiun lainnya ya tetap harus ke Terminal Purabaya. Untuk bis ekonomi tiket sekitar 47.000/orang sedangkan PATAS 67.000 (pernah juga sih bayar 65.000). Waktu tempuh dari Terminal Purabaya ke Sumenep sekitar 5 jam. Oya.kalo bis ekonomi jam berapapun pasti ada..tapi kalo PATAS hanya pada jam-jam tertentu.

Oya..transportasi bis ini juga jadi alternatif untuk jarak jauh. Misalnya rute Madura-Jakarta. Bis yang langsung ke Jakarta menjadi pilihan paling enak. Karena tinggal duduk aja, bisa bawa barang banyak, udah..nyampe. Pemberangkatan tiap hari (sekitar jam 10 pagi) dan tersedia beberapa perusahaan otobis dengan penawaran layanan yang beda-beda. Tiketnya sekitar 300 ribuan per seat. Ya..perjalanan memang lama..sekitar 20 jam ya kalo lancar 😀 tapi gak perlu pindah atau ganti moda transportasi.

Pesawat

Haaahh ke Sumenep naik pesawat? Iya! Sudah ada pesawat komersil yang melayani rute Surabaya-Sumenep. Tapi memang jadwalnya masih sangat terbatas pada hari tertentu dan 1-2 kali penerbangan dalam sehari (pagi antara jam 7-9). Harga tiket sekitar 285.000 an. Waktu tempuh tak sampai 1 jam. Moda tranportasi ini tentu sangat cocok bagi yang butuh cepat dan melanjutkan penerbangan ke daerah lain dari Juanda. Eh iya..rute Sumenep-Karimun Jawa ada juga loh…

Travel

Sekarang banyak pilihan untuk travel yang bisa jemput di tempat kita di Surabaya dan mengantar sampai alamat tujuan Sumenep. Tarif travel (personal ataupun perusahaan) ini bervariasi, antara 75.000-125.000. Jam penjemputan sih umumnya mulai jam 12 siang sampai jam 15 sore. Ada juga yang bisa diluar jam itu, misalnya travel Dieng yaitu jam 07.00, 09.00, 12.00, 21.00 atau 24.00. Jam penjemputan bisa berubah-ubah juga sih..jadi mending konfirm dulu beberapa hari sebelum jadwal pakai.

Sewa Mobil Surabaya

Nah buat yang gak bisa ngikuti jadwal moda transportasi yang sudah saya sebutkan tadi..sewa mobil ini bisa jadi pilihan transportasi ke Madura. Apalagi kalau di Sumenep mau keliling-keliling..atau mampir ke berbagai tempat di kabupaten lain di Madura. Kelebihan lain bepergian dengan mobil sewa bisa memilih jenis kendaraan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan (kapasitas penumpang misalnya). Bepergian dengan keluarga (apalagi bawa anak-anak atau lansia) tentu lebih praktis dengan sewa mobil. Ditambah lagi sekarang banyak tempat wisata di Madura yang bisa dikunjungi, sementara transportasi umum menuju masing-masing lokasi tidak ada atau sangat terbatas. Tentu memakai mobil sewaan menjadi sangat efektif dan efisien. Harga dan ketentuan lainnya bisa dicek langsung pada jasa sewanya ya…

Nah..gak perlu bingung lagi kan kalau mau ke Madura..apalagi mau ke Sumenep..? Pilihan transportasi ke Maduranya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk ahh jalan-jalan ke Sumenep 🙂

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *