Memilih Multivitamin yang Bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan

Pernahkah benar-benar membutuhkan kesehatan karena ada hal yang akan kita lakukan atau kerjakan?Harus sehat…harus sehat..begitulah kita biasanya menyemangati diri sendiri. Apalagi untuk yang lebih banyak beraktivitas diluar ruangan seperti saya. Bersahabat dengan sinar matahari, hujan, angin.. Aktivitas sehari-hari saya kemana-mana naik motor..kunjungan ke lahan-lahan petani…ke kampung nelayan..atau mengantarkan wisatawan ke lokasi wisata bahari di Gili Labak.

 

 

 

 

Dengan aktivitas seperti itu tentu sangat tidak nyaman kalau badan terasa gak enak sedikit saja. Sinyal-sinyal tubuh butuh istirahat atau setidaknya butuh perhatian lebih adalah ketika merasa cepat lelah, selera makan hilang, bawannya ngantuk aja, badan meriang, dan sejenisnya. Kalau sudah begitu biasanya kita cenderung mengabaikan dan memaksakan untuk tetap beraktifitas seperti biasa. Badan dipaksa untuk tetap tidur larut malam, makan asal-asalan, dan aktivitas lain yang membuat badan semakin lelah..

Tentu saja kondisi demikian akan menjadikan tubuh semakin mudah terserang penyakit yang lebih parah. Akibatnya harus bed rest dan pekerjaanpun terpaksa harus ditinggalkan meski hanya untuk sementara waktu. Nah..bukannya makin tuntas kan pekerjaan..malah tambah gak kepegang dan menumpuk 🙂

Kalau saya, ada beberapa hal yang harus saya lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan. Mau tau apa sajakah gerangan? Check this out…

  • Minum Air Putih yang cukup. Ini adalah hal yang paling mudah sebenarnya. Tapi entah ya…saya kok kurang berminat minum air putih. Tapi mau gak mau kan harus…demi kesehatan. Kalo saya kurang minum air putih kerasa banget di badan..apalagi kalau ditambah dengan minum-minuman yang tidak terlalu baik buat kesehatan tubuh, seperti minum kopi, teh, atau soda. Wahh..bisa langsung tuh kerasa ada yang gak enak di bagian pinggang. Kalau sudah begitu saya buru-buru minum air putih yang banyakkkk..1 liter untuk setengah hari. Setelah 1-2 hari biasanya gejala itu hilang. Kalau sudah enakan…jangan berhenti untuk minum air nya. Oya, sebenarnya ada cara minum air putih yang enak sih…yaitu dengan menambahkan irisan buah di air minum kita. Iyess..namanya infused water. Jadi selain tubuh dapat asupan cairan juga dapet asupan vitamin dan mineral dari irisan buah yang ditambahkan. Rasanya juga lebih enak 😀
  • Olahraga ringan. Yaaa…ini memang berat banget untuk dimulai. Tapi sekalinya udah dilakukan..biasanya berat banget untuk meninggalkannya. Olahraga ringan ini bisa dilakukan kapan saja dan banyak cara. Kalau memang merasa lebih nyaman olahraga bareng teman..why not.. Olahraga bisa juga dilakukan saat bekerja. Contoh gampangnya ya..lebih banyak jalan kaki atau bergerak gitu saat di tempat kerja. Kalau pekerjaan kita menuntut lebih banyak duduk, pastikan 1-2 jam sekali menggerakkan badan atau berjalan ke ruang lain selama 15 menit. Gak perlu takut pekerjaan terbengkalai  🙂
  • Pola Makan, ini juga kadang yang sulit untuk dijaga. Terutama kalau kita tidak tinggal berama keluarga alias nge kost. Kadang gak sarapan..lalu makan siang terlambat..dan makan lewat larut malam. Hmmmm…beneran itu bikin badan gak karu-karuan deh rasanya. Kalo saya sih sarapan itu wajib, untuk bekal energi sampai tiba waktunya makan siang. Orangtua yang membiasakan saya untuk sarapan ‘ra ketang sitik’ alias meski Cuma sedikit. Kalo sekarang banyak pilihan menu sarapan ya…termasuk sarapan ala pelaku food combining. Sarapan buah. Apapun itu yang penting buat saya sih..sarapannya tidak dalam jumlah yang berlebihan.
  • Menjaga waktu istirahat. Kadang kita keasikan mengerjakan sesuatu sampai lupa waktu, sampai lewat larut malam. Nah..saya berusaha untuk tidak terlalu sering tidur larut malam. Maksud nya sih agar bisa tetap bangun pagi dan segar sepanjang hari. Kalau begadang sampai dinihari…meski bisa bangun pagi..pasti seharian berasanya ngantuk. Kalau sudah ngantuk kita bukannya istirahat, tapi malah mencari aktifitas yang mengusir kantuk, ngopi misalnya. Padahal sebenarnya yang dibutuhkan tubuh kan tidur… bukan kopi 😀

Itu adalah beberapa aktivitas yang saya andalkan dalam menjaga kesehatan. Sungguh penting bagi saya dan juga bagi perempuan lainnya dalam menjaga kesehatan karena yang diurus kan bukan hanya pekerjaan. Tugas-tugas rumah tangga, mengurus anak-anak, hmmm…gak kebayang lah kalo udah sakit. Hehe bener juga sih kalo ada yang bilang seorang ibu tidak boleh sakit 😀 Apalagi ibu tunggal yang juga merangkap tugas sebagai bapak dalam berbagai hal. Big NO…buat sakit ya… 😀

Tapi ya itulah…namanya musibah ya..kadang sakit datang tanpa bisa ditolak..meskipun itu asalnya dari kelalaian kita juga. Kalau sudah begitu saya sih berusaha keras untuk cepat sehat, meskipun saya termasuk yang agak susah kalau suruh minum obat. Tapi kalau sakitnya sudah sangat mengganggu, ya ..mau gak mau…harus minum obat dan istirahat yang cukup.

Ini lo..yang saya lakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan :

  • Minum obat. Yes …kalau saya udah gak tahan…pasti larinya ke obat. Tentu saja saya konsultasi dulu dengan dokter. Konsultasi biasa saya lakukan lewat sms atau whatsapp dengan anggota keluarg yang berprofesi sebagai dokter. Kalau tidak mempan barulah saya datang ke dokter yang terdekat. Bisa juga sebaliknya.
  • Patuh pada anjuran dokter. Kalau sudah konsultasi gitu kan kadang dokter berpesan untuk menghindari makanan ini itu…atau anjuran lainnya. Contohnya kalau sakitnya flu berat menghindari es..atau makanan instan.. . Ya sudah patuhi saja 😀 Urusan nanti udah sembuh mau makan sembarangan lagi..bisalah..
  • Hmmm ..kayaknya kuno banget ya.. Tapi kenyataannya begitu. Saya pernah mengalami gangguan kesehatan yang parah sampai salah satu telinga saya kehilangan fungsi dengar. Sakitnya juga luar biasa. Saya sudah ke dokter THT tapi gak ada hasil. Selama beberapa minggu saya tidak bisa lepas dari obat pereda nyeri. Akhirnya saya menempuh langkah terakhir, diurut. Subhanallah Alhamdulillah…tepat setelah diurut..saya tidak perlu lagi minum obat pereda nyeri dan pendengaran saya kembali normal.
  • Mengkonsumsi suplemen makanan atau vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Minum vitamin juga saya lakukan saat tubuh sedang butuh kerja keras…sementara asupan nutrisi dari makanan tidak maksimal.

Nah urusan memilih vitamin memang gampang gampang susah buat saya. Ada beberapa pertimbangan buat saya dalam memilih suplemen multivitamin. Namanya juga multivitamin…maka saya harus memilih suplemen dengan vitamin yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Nutrisi yang harus ada diantaranya :

Mineral Esensial, seperti Magnesium dan Zinc, 2 senyawa ini penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kekurangan kedua senyawa ini dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan berupa infeksi bakteri dan virus, memicu alergi, dll. Selain itu zat besi, Tembaga, Mangan dan Iodium juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan dan mempercepat proses penyembuhan.

Vitamin lengkap seperti A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, dan D. Sejumlah vitamin ini sebenarnya tersedia dalam berbagai makanan. Tetapi untuk mendapatkan berbagai vitamin sekaligus, bisa dengan mengkonsumsi suplemen tambahan.

Selain kandungan nutrisi yang lengkap, kita harus tahu juga bahwa multivitamin tersebut  tidak mempunyai efek samping, bukan obat ilegal, dan sudah dikenal luas di kalangan medis.

Saya mendapat kesempatan mencoba Theragran-M untuk multivitamin yang memenuhi kriteria yang saya sebutkan tadi. Multivitamin yang diproduksi oleh Taisho Pharmaceutical Indonesia ini bisa menjadi pilihan tepat. Karena  selain sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun sejak tahun 1976, kandungan vitaminnya lengkap (A-B-C-D-dan E) serta mineral esensialnya  juga komplit. Yaa..Theragran-M  akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan, termasuk di saat cuaca yang serba tidak menentu seperti sekarang ini. Berangkat pulang kerja kehujanan tetep tangguh.. Efek samping minum multivitamin ini tidak ada selama dipakai sesuai aturan pakai, yaitu sehari sekali saat atau sesudah makan, atau sesuai anjuran dokter.

Berkat vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan, kondisi tubuh akan cepat fit. Siap menyelesaikan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang sempat tertunda karena sakit.

Harus sehat! Dan pilih multivitamin yang tepat!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Taisho

You may also like

35 Comments

  1. kemana mana naik motor? sama mba hehehe dan paling gak suka kalau pas hujan pas sedang di jalan, rentan flu dan masuk angin. Untung sedia Theragran-M di rumah ^^

    1. bener mbak…perpaduan kandungan multivitamin yang komplit bikin badan selalu fit..dan kalo sakit penyembuhannya cepet

  2. Hahaha, aku juga meh takon profesinya Mba Dian apaan kok setrong banget jelong-jelong terus. Ternyata udah ada yang nanya dan udah dijawab :D.
    Semangat terus Mba, sehat teruusss :*

    1. Aminnn makasih … 🙂 semoga mbak juga selalu sehat..karena perempuan punya sebareg tugas baik di dalam rumah maupun di luar rumah 🙂

  3. Theragran-M emang membantu banget buat memulihkan kondisi sakit, aku pun sudah mencobanya. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

    Btw komen baliknya ya di artikel theragranku juga 🙂

  4. Saya termasuk yang sering ga patuh sama anjuran dokter. Dibilang jangan minum manis dulu, ini kemaren malah minum es sirup. COBAK DEH GIMANA GA SAKIT LAGI YAAK. Wakakakakak, di sinilah saya dibilang “bandel” karena ga kuat panas2 di Bekasi nolak tawaran minum es sirup.

    Pantes aja jadinya sakit batuknya lama 😀 #jangandicontoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *